-->

Pengertian Teknik Lempeng Adalah

Pengertian Teknik Lempeng Adalah

Pengertian Teknik Lempeng Adalah

Tirtanesia.com - Mau cari pengertian teknik lempeng atau lempengan (slab) ? Artikel ini akan membahasnya untuk sobat pembaca. 

Namun sebelum membaca penjelasan tentang teknik lempeng atau slabing. Mari simak dulu ulasan tentang gerabah.

Sekilas Pembahasan Gerabah

Gerabah, sepertinya kata yang tidak asing ditelinga sebagian orang. Salah satu kerajinan yang masih populer bagi beberapa orang.

Sebuah karya dan kerajinan yang memiliki nilai jual di masyarakat. Gerabah sebagai kerajinan mempunyai daya tarik tersendiri.

Apalagi karena pembuatannya masih dilakukan manual dengan tangan manusia. Lantas apa itu kerajinan ?

Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan/kerajinan tangan. 

Misalnya, gerabah. Gerabah ialah alat alat dapur untuk masak memasak, yang dibuat dari tanah liat. Kemudian tanah liat itu dibakar. 

Gerabah sendiri ada banyak macamnya, seperti berbentuk piring, kendi, guci, pot, dan lainnya.

Gerabah dibuat dari tanah liat ini memiliki beberapa teknik dalam pembuatannya. Salah satunya teknik lempeng atau slabing. 

Lalu apa itu pengertian teknik lempeng ? Mari pahami penjelasannya dibawah ini ya sobat baca dengan saksama. 

Pengertian Teknik Lempeng atau Slabing

Teknik lempeng adalah merupakan teknik yang digunakan untuk membuat benda gerabah berbentuk kubistis dengan permukaan rata. 

Teknik ini diawali dengan pembuatan lempengan tanah liat dengan memakai rol kayu penggilas. Nah setelah menjadi lempengan dengan ketebalan yang sama. 

Sobat dapat memotongnya dengan pisau atau kawat sesuai dengan ukuran yang diinginkan. 

Kemudian, sobat dapat membuat menjadi bentuk kubus atau persegi. Tahap akhir beri hiasan dengan cara ditoreh pada saat tanah setengah kering. 

Teknik lempeng ini juga teknik yang digunakan untuk membuat benda gerabah berbentuk kubistis dengan permukaan rata. 

Gerabah yang dihasilkan dari teknik ini memang secara umum berbentuk kubus dan memiliki sudut. 

Kemudian dalam pembuatan keramik, teknik lempengan ini merupakan teknik pembentukan badan keramik secara manual dengan membentuk lempengan menggunakan rol. 

Lempengan digunakan untuk membuat karya keramik yang mana berbentuk persegi atau silinder. Nah itulah beberapa penjelasan tentang teknik lempeng.

Demikianlah ulasan dan penjebaran mengenai topik diatas tentang Pengertian Teknik Lempeng Adalah. Semoga bermanfaat ya ! 

 Ikuti Tirtanesia.com di Google News Klik sekarang dapatkan informasi terbarunya !